Sabtu, 15 Februari 2014

Bracuza - Bola Piala Dunia 2014 Resmi dari Adidas


Bracuza dan Trophy Piala Dunia (Sumber: Twitter @Bracuza)

Sebuah bola keluaran Adidas untuk event bergengsi Piala Dunia 2014 FIFA di Brazil tahun ini sudah dikeluarkan sejak akhir tahun lalu. Bola Piala Dunia ini memiliki nama khusus, yaitu "Brazuca". Nama tersebut adalah sebuah istilah lokal dan informal yang berarti "Brazil".

Warna-warna dan desain pada bola melambangkan gelang tradisional yang biasa dikenakan di negara tersebut dan mencerminkan adanya semangat dan kegembiraan yang erat kaitannya dengan sepak bola di Brazil. Bola tersebut telah menjalani proses pengujian ketat dan menyeluruh selama dua setengah tahun yang melibatkan lebih dari 600 pemain terkenal dunia dan 30 tim sepak bola di 10 negara berbeda, sehingga Adidas berani memastikan bahwa bola tersebut cocok digunakan untuk semua kondisi lapangan.

Di antara pemain yang terlibat dalam proses pengujian termasuk bintang sepak bola dunia Lionel Messi yang saat ini bermain di Barcelona, Iker Casillas yang saat ini merumput di Real Madrid, dan juga Zinedine Zidane. Bola tersebut sebenarnya juga telah digunakan dalam berbagai pertandingan internasional Piala Dunia FIFA U-20 namun dengan desain yang berbeda, dan juga digunakan dalam pertandingan persahabatan antara negara Swedia dan Argentina yang berlangsung pada bulan Februari 2013 lalu. Teknologi yang digunakan untuk Brazuca juga identik dengan yang telah dipakai di event UEFA Euro 2012, Piala Konfederasi FIFA 2013, dan UEFA Champions League Match Ball.

Namun, menurut Adidas, ada yang berbeda dari bola Bracuza ini. Mereka membuat inovasi struktural baru dengan simetri yang unik dan juga struktur permukaan yang berbeda sehingga akan memberikan kualitas ketika bole dipegang dan disentuh. Bola tersebut juga memiliki stabilitas dan aerodinamis yang baik di lapangan.

Selain itu, Adidas juga membuka akun @Brazuca di Twitter, di mana para penggemar sepak bola akan dapat mengikuti perkembangan Piala Dunia FIFA 2014 melalui "mata" dari sebuah bola ketika melakukan perjalanan keliling dunia. Ya, Brazuca memang mengunjungi negara-negara sepak bola lainnya. Di akun twitternya, bola tersebut bisa "men-tweet" berbagai foto ketika bertemu dengan pemain sepak bola dan selebriti, dan ketika berpartisipasi dalam berbagai acara kebudayaan sebelum nantinya mendarat di negara tuan rumah Brazil untuk melakukan pertandingan pertama di bulan Juni 2014 ini.

Peluncuran Brazuca juga menandai fase berikutnya dari kampanye dari Adidas yaitu "All in or Nothing" untuk FIFA World Cup Brazil 2014. Piala Dunia 2014 merupakan sebuah event sepakbola terbesar di dunia dan platform utama untuk mempromosikan produk Adidas.

Merchandise Piala Dunia di Indonesia

Dari sisi bisnis, merchandise untuk Piala Dunia bisa memberikan keuntungan yang besar. Menurut Nike yang selalu menjadi sponsor kegiatan olah raga, mereka dapat menjual lebih dari satu juta jersey Inggris. FIFA juga membuat kemitraan komersial di berbagai negara, termasuk yang tidak mengikuti Piala Dunia seperti Indonesia.

Di Indonesia, Anda sudah bisa mendapatkan merchandise resminya dari Alfamart official partner merchandise FIFA piala dunia Brazil 2014 sebelum event sebenarnya di mulai beberapa bulan ke depan. Anda bisa mengunjungi situs Alfaonline untuk berbelanja secara online atau mengunjungi toko Alfamart terdekat di kota Anda.